Cari Blog Ini

Kamis, 10 Januari 2019

Contoh Pembuatan BAB I skripsi Sistem Komputer STMIK Triguna Dharma Medan


Judul skripsi yang di angkat adalah Implementasi Sistem Kendali Pulse Width Modulation (PWM) pada Alat Pencetak Adonan Mie dan Kue Otomatis Berbasis Arduino”



 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
Sistem kendali dan otomatisasi di bidang teknologi dan inovasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan di bidang teknologi ini menghasilkan banyak inovasi baru yang inovatif berbasis sistem cerdas dan banyak membantu kehidupan masyarakat, dapat dilihat dari peralatan rumah tangga maupun peralatan industri yang dapat bekerja dengan teknologi  yang canggih.
Ampia adalah suatu alat yang digunakan untuk menggiling atau mecetak mie, pastel, cheesestick, molen, kue bawang dan lain sebagainya, ampia dioperasikan dengan cara memasukkan adonan ke dalam penggiling dan kemudian diputar secara manual menggunakan tenaga manusia. Mie ini juga merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat luas dan memiliki sebutan yang berbeda-beda dalam setiap negara contohnya di negara eropa mie disebut sebagai pasta, di tiongkok mie disebut dengan sebutan kwetiaw, ifu mie dan bihun dan masih banyak sebutan mie lainnya.
 Demikian pula dengan kue yang merupakan kudapan atau makanan ringan  yang bukan makanan utama. Rasa dari kue ini berbeda beda ada yang bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue sering kali diartikan sebagai  makanan ringan  yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioca, ataupun tepung terigu.
Membuat mie ataupun kue kreasi sendiri sangat diinginkan bagi beberapa orang agar dapat membuat makanan yang enak dan bergizi karena banyak mie dan kue yang beredar dikalangan masyarakat yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya  atau zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang tidak baik.
Dalam pembuatan mie atau kue, sering ketebalan adonan tidak diukur disetiap penggilingan atau pencetakannya, sehingga pengguna harus memperkuat putarannya dengan cara memperkuat putaran penggiling menggunakan tangan secara manual sehingga membutuhkan tenaga manusia yang lebih untuk memutar-mutar pencetak ataupun penggiling adonan.
Pada sistem ini akan dikembangkan alat pencetak adonan mie dan kue otomatis dengan mengatur kecepatan penggiling adonan untuk menghemat tenaga penggunanya. Sistem kendali yang digunakan adalah sistem kendali Pulse Width Modulation (PWM) untuk diimplementasikan pada alat pencatak adonan mie dan kue otomatis. Sistem kendali ini diharapkan dapat menjadi solusi dari kendala yang sering terjadi pada alat pencetak adonan mie dan kue yang ada di lingkungan masyarakat. Adapun sistem kendali ini digunakan sebagai pengatur atau pengendali kecepatan putaran penggiling adonan mie dan kue berdasarkan tingkat ketebalan adonan yang akan digiling dan menyesuaikan kecepatan penggiling berdasarkan ketebalan adonan yang terdeteksi.
Hal ini yang mendasari diangkatnya judul “Implementasi Sistem Kendali Pulse Width Modulation (PWM) pada Alat Pencetak Adonan Mie dan Kue Otomatis Berbasis Arduino” agar pengguna dapat menghemat tenaga pada saat melakukan pencetakan mie atau pun kue.
1.2     Rumusan Masalah

Dalam perancangan dan pembuat skripsi ini ada beberapa rumusan masalah sebagai berikut :
1.          Bagaimana membuat rancang bangun untuk alat pencetak adonan mie dan kue otomatis berbasis arduino ?
2.         Bagaimana mengimplementasikan sistem kendali Pulse Width Modulation (PWM) dengan alat pencetak adonan mie dan kue otomatis ?
3.             Bagaimana sistem dapat memutar penggiling adonan mie dan kue dengan menggunakan sensor ultrasonik, dan berdasarkan tingkat level adonan putaran motor DC akan bergerak lambat, sedang, atau cepat berdasarkan level adonan yang terdeteksi.

1.3     Batasan Masalah
Dalam perancangan dan pembuat skripsi ini ada beberapa batasan masalah yang diberikan yaitu :
1.             Rancang bangun yang diciptakan masih berupa prototype.
2.             Rancang bangun ini menggunakan Arduino Uno R3 sebagai unit pemproses data.
3.             Alat ini menggunakan sensor ultrasonik SRF-05 untuk mendeteksi tinggi adonan
4.      Motor penggerak yang digunakan adalah motor DC 12 Volt untuk penggerak konveyor, penggiling, dan pencetak.
5.             Rancang bangun ini menggunakan LCD 2x16 sebagai display dari alat.
6.             Rancang bangun ini hanya dapat mencetak mie dan kue bawang.

1.4     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.             Untuk merancang sistem otomatis alat pencetak adonan mie dan kue otomatis.
2.             Untuk mengimplementasikan sistem kendali Pulse Width Modulation (PWM) pada alat pencetak adonan mie dan kue otomatis berbasis Arduino.
3.             Untuk mengatur kecepatan putaran penggiling pada alat pencetak adonan mie dan kue otomatis menggunakan sistem kendali Pulse Width Modulation (PWM).

1.5     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.             Dapat membantu menghemat tenaga bagi penggunanya saat melakukan penggilingan adonan mie atau pun kue.
2.             Dapat mambantu pengguna untuk mengoptimalkan waktu pada saat melakukan penggilingan.
3.             Agar kecepatan putaran gilingan yang dihasilkan tetap stabil walaupun ketebalan adonan yang akan dicetak berbeda-beda.

1.6     Metode Penelitian
Adapun metode pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.             Observasi/pengamatan langsung
       Metode ini merupakan pengamatan secara langsung di lapangan tentang proses pencetakan miie dan kue.

2.             Study literature.
Metode ini dilakukan dengan cara melakukan penelusuran melalui media seperti buku, jurnal, dan internet guna mengumpulkan data komponen yang
dapat digunakan sebagai acuan dan referensi untuk membuat dan menyusun penelitian ini.
3.             Eksperimen atau percobaan langsung
Pengumpulan data dengan cara melakukan uji coba guna memperbaiki permasalahan yang terjadi pada sistem agar alat dapat bekerja dengan baik. Setelah perangkat keras dan perangkat lunak selesai dibuat maka tahap berikutnya adalah pengujian sistem kendali pada alat pencetak adonan mie dan kue otomatis. Jika hasil tidak sesuai maka akan dilakukan perbaikan hingga sistem berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

1.7     Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan dalam menyusun skripsi yang merupakan gambaran gambaran umum pada setiap bab sebagai berikut :
BAB I      : PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang pembahasan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II    : LANDASAN TEORITIS
Pada bab ini menjelaskan tentang landasan teori yang berhubungan dengan perancangan sistem baik hardware dan software yang akan mencakup kajian pustaka seperti mie, motor DC, mikrokontroler dan komponen-komponen pendukung lainnya.
BAB III   : ANALISA DAN PERANCANGAN
Pada bab ini menguraikan mengenai analisa permasalahan, algoritma sistem, flowchart, sistem dan pemodelan yang akan menguraikan tentang pembuatan perancangan yang akan dibahas.
BAB IV   : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Pada bab ini berisi membahas mengenai kebutuhan sisten,  implementasi dari sistem, pengujian sistem serta kelemahan dan kelebihan sistem.
BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini berisi mengenai kesimpulan dan saran dari hasil pengujian serta membangun untuk kesempurnaan skripsi.

 NB : Yang Penting di perhatikan pada saat membuat BAB I pada skripsi adalah pemaparan latar belakang dari di angkatnya judul skripsi yang akn kita bahas.Pada Latar belakang fokuslah pada masalah yang di hadapi, masalah apa yang di hadapi pada kenyataannya sehingga judul tersebut di angkat....

@MySKRIPSI
@Terima Kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musyawarah bersama masyarakat kampung Situbuh-tubuh Program Kampung Zakat

Situbuh-tubuh (15/12/2019), Kampung Zakat’ adalah program inovasi dari Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI. Program dilaksanakan dengan ...